5 jenis karir menulis profesional yang dapat Anda mulai

Di dunia modern hari ini, semua orang adalah seorang penulis. Anda menyelesaikan tugas pekerjaan rumah dan perguruan tinggi, makalah penelitian, laporan laboratorium atau memberikan umpan balik pada posting, jenis pertemuan, memo, email, mengirim kartu ucapan selama acara khusus. Di media sosial saja, ada banyak tipe dan administrasi tag yang dilakukan di sana. Jika Anda melakukan semua itu, bagaimana Anda tidak bisa menjadi penulis?

Tetapi penulisan harian sangat berbeda dari penulisan profesional. Jika Anda ingin mencari nafkah dengan menjadi seorang penulis (artinya Anda menaruh makanan di atas meja dengan menulis setiap hari), ketahuilah bahwa ada banyak permintaan untuk penulis profesional di hampir setiap bidang.

Artikel kali ini akan menjelaskan beberapa jenis penulisan profesional yang paling umum. Anda memulai karier menulis di masing-masing jenis ini.

1: Penulisan Akademik

Tulisan akademik adalah salah satu jenis penulisan profesional yang paling cepat berkembang. Ini melibatkan gagasan menulis dan penelitian ilmiah dengan cara yang sederhana, dipahami dan otentik.

Mayoritas pekerjaan menulis akademis sedang online dan diperuntukkan bagi para pekerja lepas, sehingga portal pekerjaan lepas dijejali dengan pekerjaan menulis akademis.

Penting untuk diketahui bahwa ada sedikit atau tidak ada ruang untuk kreativitas di dalamnya, dan penulis akademis perlu mengikuti beberapa gaya penulisan dan tata letak tertentu dan menggunakan retorika akademis dalam tulisan mereka.

Tanggung jawab penulis akademis tersebar di berbagai tugas seperti menyusun penelitian dari buku teks dan jurnal, dll., Dan membentuk penelitian itu menjadi laporan lengkap. Mereka juga diharuskan untuk membuat ringkasan dari berbagai esai, disertasi dan penelitian, yang karenanya dapat membantu klien sebagai dasar penelitian mereka sendiri.

Selain menulis, penulis akademik mungkin juga diminta untuk mengedit atau mengoreksi tugas akademik, penelitian atau disertasi yang sudah disusun.

2: Menulis Bisnis

Email, memo, dan pemberitahuan adalah beberapa hal yang berada di bawah payung penulisan bisnis informal atau kasual.

Namun, penulisan bisnis profesional, juga dikenal sebagai komunikasi bisnis, mencakup serangkaian elemen termasuk; rencana bisnis, model bisnis, proposal proyek, laporan proyek, manifesto merek, surat bisnis, presentasi dan kampanye pemasaran dll.

Setiap tahun, ratusan pekerja lepas dan karyawan di tempat dipekerjakan atau dikontrak untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan penulisan bisnis dan komunikasi, baik dalam organisasi besar maupun kecil.

Selain komunikasi bisnis di tingkat organisasi, penulisan bisnis juga melayani komunikasi di tingkat pribadi. Misalnya, menulis resume, surat lamaran, surat pengalaman atau surat rekomendasi da sebagainya.

3: Menulis Kreatif

Penulisan kreatif mungkin merupakan jenis tulisan profesional yang paling menarik dan beragam. Ini melampaui batas-batas semua bentuk tulisan profesional lainnya dengan memungkinkan penulis untuk bermain dengan kreativitas, orisinalitas, dan inovasinya.

Faktor pembeda lainnya adalah bahwa meskipun jenis tulisan lain bersifat obyektif dan didasarkan pada fakta, penulisan kreatif, sebagian besar, subyektif terhadap ekspresi pikiran, perasaan, dan pendapat penulis.

Penulisan kreatif adalah bidang yang sangat luas sehingga memiliki cabang sendiri:

  • Menulis Sastra (fiksi dan non-fiksi)
  • Penulisan Naskah
  • Penulisan dramatis
  • Puisi
  • Komik
  • Autobiografi

Menulis jurnalistik juga sering dianggap sebagai bagian dari penulisan kreatif, terutama dalam hal artikel, feature, dan opini di surat kabar.

4: Penulisan Teknis

Penulisan teknis mulai berlaku ketika deskripsi, instruksi atau penjelasan tentang subjek tertentu diperlukan. Tujuan dasarnya adalah untuk menyederhanakan operasi atau teknis yang rumit agar dapat dimengerti oleh orang biasa.

Meskipun, penulisan teknis pada dasarnya adalah tentang membuat manual operasi, katalog produk, dan panduan cara kerja untuk perangkat dan perangkat lunak, namun lebih dari itu, mencakup bidang atau industri apa pun di mana ide, konsep, proses, atau prosedur yang kompleks perlu dikomunikasikan secara sederhana.

Sebagian besar produsen produk, industri layanan, dan perusahaan perangkat lunak memiliki departemen komunikasi teknis atau mencari penulis teknis lepas untuk tujuan ini. Jika Anda mahir dalam bidang tertentu dan menguasai keterampilan menulis maka teknik menulis dapat menjadi pilihan yang menarik.

5: Salin / Penulisan Konten

Seperti penulisan kreatif, penulisan salinan / konten adalah salah satu jenis tulisan profesional yang paling bercabang.

Penulisan salinan atau penulisan konten adalah dua konsep yang tumpang tindih yang serupa dalam hal tema dasarnya yaitu mempromosikan dan mendidik. Unsur-unsur yang melibatkan penulisan salinan / konten adalah iklan, materi pemasaran dan promosi, penulisan situs web dan artikel blog, dll.

Semua portal pekerjaan freelance dan on-site dibanjiri pekerjaan di bidang copy / content writing. Perpaduan antara kreativitas, keterampilan bahasa, dan pengetahuan umum dapat menjamin karier yang sukses dalam penulisan salinan / konten.

Tingkat kesulitan

Untuk pemahaman yang lebih baik tentang subjek, saya akan menilai semua jenis tulisan profesional yang disebutkan dalam hal tingkat kesulitan pada skala 1 hingga 5 (1 paling tidak sulit dan 5 paling sulit)

  • Penulisan Akademik – 3 (cukup sulit)
  • Penulisan Bisnis – 3 (cukup sulit)
  • Penulisan Kreatif – 5 (paling sulit)
  • Penulisan Teknis – 3 (cukup sulit)
  • Penulisan Konten / Copywriting – 4 (cukup sulit)

Penulisan akademik, penulisan bisnis, dan penulisan teknis dinilai cukup sulit karena hampir selalu disertai dengan pola atau gaya penulisan yang ditetapkan dengan aturan yang cukup banyak (seperti kutipan, jargon, tata letak, dll.). Oleh karena itu lebih mudah bagi seorang pemula untuk mengasah kerajinan ini dengan tetap berada dalam batas-batas tersebut.

Selain itu, karena tidak ada banyak ruang untuk kreativitas dan kalimat berbunga-bunga, dan siapa pun yang menguasai bahasa tersebut secara relatif dapat menguasainya.

Namun, bagi sebagian orang, bagian yang sulit adalah batasannya. Seseorang harus bekerja dalam batasan kata tertentu, harus menjaga pesannya tetap sederhana, dapat dipahami dan efektif dan tidak pernah, tidak pernah mengacaukan fakta, angka dan statistik.

Menulis kreatif dinilai paling sulit karena luas kanvasnya. Hal ini jauh lebih nyaman jika dibiarkan mengalir ke segala arah, namun bagi para pemula seringkali menjadi sulit untuk memfokuskan imajinasi mereka dan menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Selain itu, untuk penulisan kreatif profesional, seseorang perlu menguasai bahasanya.

Menemukan Pekerjaan Menulis

Mencari pekerjaan di bidang menulis dulu dianggap cukup sulit. Namun, di era teknologi internet, terdapat ratusan peluang online. Yang harus Anda ketahui adalah di mana menemukan yang paling cocok untuk Anda.

Situs web freelancing online seperti Upwork, Fiverr dan Freelancer dan lain-lain penuh dengan proyek penulisan profesional di semua lima jenis tulisan. Portal online semacam itu dapat diandalkan dan dapat membuktikan landasan peluncuran yang baik untuk pemula.

Sedangkan untuk pekerjaan offline, ada peluang yang sangat bagus juga. Misalnya, hampir semua industri jasa atau manufaktur memiliki departemen komunikasi korporat terpisah di mana diperlukan penulis teknis atau penulis bisnis.

Demikian pula, penulis salinan / konten dapat menemukan pekerjaan bagus di biro iklan, rumah media, atau perusahaan pengembangan web.

Sedangkan untuk pekerjaan dalam penulisan kreatif, spektrum peluang sama fleksibelnya dengan bidang itu sendiri. Misalnya, untuk pekerjaan menulis jurnalistik, Anda dapat melihat kolom opini atau fitur untuk surat kabar. Demikian pula, skrip atau penulis skenario dapat mencari pekerjaan dengan saluran televisi atau radio.

Dalam bidang penulisan kreatif, para pemula harus memulai karir mereka dengan magang, untuk mempelajari sebagian besar keahlian tersebut.

Kesimpulan

Menulis itu sendiri mungkin tampak mudah. Selain itu, tidak ada profesi lain yang menawarkan lebih banyak pilihan karir selain menulis. Tetapi untuk benar-benar mengembangkan karir dalam menulis lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Setiap jenis tulisan membutuhkan bakat dan keahliannya sendiri, namun, terserah Anda untuk menilai bidang mana yang paling cocok untuk Anda berdasarkan minat dan keahlian khusus Anda. Hal yang perlu diingat adalah bahwa apa pun profesi yang Anda pilih, jangan pernah berhenti belajar.

Penulis:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Ngobrol dengan kami