5 Alasan PHP Masih Menjadi Bahasa yang Hebat

PHP pertama kali dibuat pada tahun 1994. Dalam konteks teknologi, tahun 1994 mungkin juga 1894. Beberapa bahasa pemrograman lain telah muncul sejak PHP dan disukai oleh pengembang di mana-mana. Masuk akal jika banyak orang akan mempertanyakan mengapa PHP masih digunakan — padahal seharusnya tidak.

Saat ini, PHP masih banyak digunakan dalam pengembangan web. Ini berfungsi sebagai komponen utama di beberapa platform web terbesar, termasuk WordPress dan Drupal. Pengembang telah memujinya karena kemudahan penggunaan, meskipun Indeks TIOBE (yang memberi peringkat bahasa pemrograman berdasarkan popularitas) telah mengecamnya karena “lubang keamanan”. Banyak pakar dan analis telah meramalkan kehancuran PHP selama bertahun-tahun, namun berhasil mempertahankan posisi yang cukup tinggi di banyak peringkat bahasa pemrograman; misalnya, ini berada di tempat keempat pada perincian terbaru perusahaan analis RedMonk.

Apa salah satu alasan mengapa PHP tetap bertahan? Semakin lama bahasa bertahan, semakin banyak kode lama yang dihasilkannya. Dan hal itu, pada gilirannya, membujuk pengembang individu dan perusahaan untuk terus menggunakannya. Dengan kata lain, usia memiliki kelebihan. Kami berbicara dengan beberapa pengguna berat untuk mencari tahu apa yang mereka sukai tentangnya, dan mengapa seluruh dunia harus mempertimbangkan untuk menggunakan PHP daripada menentangnya.

Peningkatan PHP

Vadim Belsky, Kepala Pengembangan Web di ScienceSoft, mengatakan “komunitas yang besar dan bersemangat” di sekitar PHP adalah daya tarik utama. Bahasa “rilis tahunan baru” membuat komunitas ini tetap terlibat.

Ruben Yonatan, Pendiri dan CEO GetVoIP, setuju. “PHP masih merupakan bahasa yang bagus karena setiap tahun, bahasanya meningkat. Dedikasi untuk perbaikan akan membuatnya bertahan lama. Beberapa waktu yang lalu, pengembang web mengeluh bahwa dibandingkan dengan JavaScript dan teknologi web lainnya, PHP lambat. Tanggapannya adalah rilis PHP 7, yang memecahkan masalah kecepatan. ”

Versi baru masih dirilis, Yonatan menambahkan: “Mulai Juli, PHP 7.4.8 adalah rilis paling stabil. PHP mendapat reputasi buruk karena pengembang / ahli akan melihat-lihat, menemukan situs dengan banyak bug keamanan, dan menyimpulkan itu adalah kesalahan PHP. Tidak.”

Bukan hanya bahasa yang berkembang, kata Belsky. “Ekosistem PHP secara aktif berkembang dan meningkat. Ada banyak sekali solusi siap pakai (framework (Symfony, CodeIgniter, Laravel, Laminas, Yii, Cake, Code Igniter) dengan ekosistem paket, produk, layanan; plugin dan library, integrasi) yang besar. ”

“PHP menjadi lebih baik dengan setiap iterasi,” kata Deepu Prakash, SVP Proses, dan Inovasi Teknologi di Fingent, kepada Dice. “PHP 7.4 jauh lebih baik daripada PHP 7.3, dan dengan 8.0 diharapkan akan dirilis pada bulan November, itu hanya akan menjadi lebih baik karena menawarkan kompilasi Just In Time (JIT) baru dan banyak fitur lainnya.”

Polos dan Sederhana: WordPress

Perry Toone dari thexyz.com memberi tahu Dice: “Sebagian besar situs web menggunakan WordPress, yang dibangun di atas PHP.”

Jonathon Wright, Co-Founder dari The QA Lead, menambahkan bahwa bahasa tersebut “akan bertahan, dan masih menjadi bahasa yang hebat karena sangat baik dalam apa yang dilakukannya — pengembangan web.

Wright melanjutkan: “[Itu] mungkin bukan bahasa yang serba guna, tetapi di bidang spesialisasinya, itu adalah raja.” Di antara alasan pengembang untuk mempertimbangkannya: manajemen database besar yang efisien, bersama dengan pemrosesan file yang mulus, array, dan penanganan kesalahan yang kuat. “Bahasanya juga fleksibel, dapat diskalakan, dan dapat disesuaikan. Bukan kebetulan bahwa itu menggerakkan lebih dari 80 persen internet. Juga bukan kebetulan bahwa beberapa situs web dan platform terbesar, seperti WP dan Drupal, menggunakan bahasa tersebut. ”

Mereka yang memiliki situs web yang mengutamakan konten tidak diragukan lagi akan condong ke WordPress sebagai platform pengembangan pilihan mereka. Seperti PHP, WordPress memiliki banyak pesaing yang semuanya bertujuan untuk menjatuhkannya; namun keduanya tetap digunakan secara luas dan merupakan bahan penyusun web yang terkenal. Umur panjang telah terbayar.

Bahasanya Mudah Dipelajari

Prakash, seperti kebanyakan pengembang web, memulai dengan PHP pada masa lalu: “Ini bukan karena tidak ada bahasa lain di luar sana. Meskipun JavaScript bukanlah hal yang besar saat itu, ada bahasa dan teknologi sisi server lain yang tersedia. ” Tetapi PHP mudah untuk diambil.

Sebaliknya, dengan PHP dan MySQL, “Anda dapat membangun halaman web dinamis yang berfungsi dengan database dalam beberapa hari,” lanjut Prakash. “Sekarang tahun 2020 dan PHP tetap sama. Itu masih salah satu bahasa yang paling mudah dipelajari. JavaScript bisa jadi mudah dipelajari, bergantung pada kerangka kerja yang Anda pilih, tetapi PHP mudah dipelajari dari awal tanpa memerlukan pengetahuan sebelumnya. ”

Bryan Osima, CEO Uvietech Software Solutions Inc., mengatakan bahasanya “masih sangat kuat dalam semua hal yang dapat dicapai dalam pengembangan perangkat lunak web area”.

PHP adalah Web

Shawn Powers, Pelatih CBT Nuggets, percaya bahwa PHP masih relevan dengan pengembang modern. “[Ini] mungkin tampak seperti cara lama dalam melakukan sesuatu, tetapi jika Anda menginginkan bahasa dengan kekuatan dan kesederhanaan skrip shell, tetapi UI web mewah dari bahasa yang lebih modern dengan kerangka web mewah mereka — sulit untuk mengalahkan yang baik PHP lama, ”katanya. “Saya telah menggunakannya selama bertahun-tahun untuk membuat aplikasi sederhana yang memecahkan masalah, dan untuk aplikasi tangguh yang memantau dan berinteraksi dengan ribuan sistem.”

Prakash menyoroti aspek penting (tetapi diabaikan) dari PHP: Ini sangat mirip dengan bahasa berbasis web lainnya dengan ekosistem kerangka kerja yang kaya. Kami cenderung menganggap bahasa sebagai bahasa monolit terbatas yang harus kami derita, tetapi sebenarnya tidak. Pengembang berpengalaman mungkin membenci kode PHP yang kusut di dalam perusahaan mereka sendiri, dan tentu saja mudah bagi siapa saja untuk berpotensi menulis kode yang buruk — tetapi itu yang terjadi pada banyak bahasa.

“Tapi sekarang Anda tidak benar-benar harus bekerja dengan kode PHP mentah berkat kerangka kerja,” kata Prakash. “Seperti dengan Node.js di mana Anda mungkin menggunakan Express, Anda juga dapat bekerja dengan banyak kerangka kerja untuk PHP. Menggunakan kerangka kerja tersebut memberi Anda yang terbaik dari kedua dunia di mana Anda akan bekerja dengan PHP, tetapi skema dan sintaksis kerangka kerja pada Anda pada akhirnya akan menghasilkan kode yang lebih bersih. ”

PHP adalah Keterampilan yang Dapat Dipekerjakan

“Sebagai pemberi kerja, salah satu hal hebat tentang PHP adalah, ketika saya merekrut, ada kemungkinan besar bahwa sebagian besar kandidat sudah sangat akrab dengan PHP, yang menghemat waktu dan uang untuk pelatihan,” kata Jacek Zmudzinski dari Future Memproses, sambil menyebutkan faktor sekunder yang membuat mengetahui bahasa menarik bagi pemberi kerja: “PHP memfasilitasi pemrograman HTML jauh lebih mudah daripada bahasa lain, yang berarti bahwa beralih dari HTML ke PHP adalah permainan anak-anak.”

Penulis:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Ngobrol dengan kami